Home / Otomotif / WOW! China Membuat Mobil Anti Virus Corona
image source : carsome.id

WOW! China Membuat Mobil Anti Virus Corona

Virus corona saat ini bisa dibilang ancaman dunia. Saat ini virus corona dikabarkan sudah menginfeksi 64 negara (2/3). Dengan ancaman ini ada inovasi baru dari China, yaitu mobil yang diklaim anti corona. Geely Auto merupakan perusahaan yang membuat mobil anti virus corona ini.

Geely meluncurkan SUV kompak ini secara resmi pada Senin (24/2) lalu. Unit gres ini mendapat sambutan luar biasa. Mereka menerima lebih dari 30.000 pesanan online dalam beberapa jam menjelang debut perdana. Di Cina, mobil ini dilego US$ 16,500 atau Rp 230 jutaan. Apa yang membuatnya laris manis?

Ternyata selain tampilannya yang keren, mobil anti virus corona ini juga dilengkapi perangkat unik. Menanggapi epidemi virus corona, perusahaan mengembangkan penangkal dalam tempo singkat. Unit dibekali sistem pemurnian udara cerdas (IAPS) bersertifikat N95.

Fitur saringan udara ini kerja bareng pendingin kabin. Mereka mengklaim, filtrasi ini bertujuan untuk mengisolasi juga menghilangkan unsur-unsur atau partikel berbahaya di dalam kendaraan. Termasuk bakteri dan virus. Alat bekerja melakukan sterilization serta deodorization pada aliran angin dalam mobil.

Sistem pemurnian udara tersebut dikembangkan Geely Auto dalam waktu yang singkat, hanya 20 hari. Ini merupakan reaksi pabrikan China terhadap mewabahnya virus corona Covid-19.

Kendaraan Geely yang dilengkapi dengan sistem IAPS akan mendapatkan filter kimia karbon aktif canggih yang dapat secara efektif menyerap gas berbahaya seperti formaldehida saat memasuki kendaraan. Filter itu juga dapat menyaring bau yang mengiritasi dan polutan berbahaya begitu terdeteksi secara otomatis.

Tampilan eksterior minimalis terus berlanjut ke interior. Sebenarnya tak terlalu neko-neko namun nuansa futuristik pada sci-fi kabin dihadirkan. Bagian menarik secara visual hadir dalam bentuk desain ventilasi udara dan konsol tengah. Layar interaktif ganda 10,25 inci, panel informasi (MID), termasuk konsol infotainment yang mendominasi dasbor. Head unit bisa tersambung perangkat seluler. Anda dapat berinteraksi dengan Icon kemudian terhubung ke dunia maya melalui GKUI Geely Smart Ecosystem.

BACA JUGA  Jangan Ngasal Memilih Ban Mobil, Begini Caranya
image source : tribunnews.com

Banyak teknologi pintar yang disematkan seperti L2 + yang disebut paling hebat di segmen selevel. Terpasang 12 radar ultrasonik, radar gelombang milimeter dan 5 kamera berikut penginderaan tinggi. Boleh dibilang mirip-mirip Honda Sensing. Ada Adaptive cruise control, lane keep assistant berguna menjaga jalur mobil, pengereman darurat otomatis AEB-P. Selanjutnya imbuhan pedestrian recognition serta one-button automatic parking.

Tak ketinggalan soal keamanan. Geely Icon memiliki kamera identifikasi keselamatan 360 derajat dengan tambahan 180 derajat. Sehingga penghuni kabin bisa melihat gambar panorama 360° pada layar interior. Termasuk hasil penginderaan 180° dari samping, depan, atau belakang mobil. Secara efektif deret itu guna meminimalisasi semua titik buta saat Anda duduk di balik lingkar kemudi. Sementara itu, Geely Icon merupakan SUV yang menggunakan teknologi hybrid ringan.

Berkat sistem hybrid ringan, efisiensi bahan bakar SUV ini mencapai 5,7 liter per 100 km. Sistem hybrid ringan 48V dikawinkan dengan mesin 1.500 cc turbo. Total tenaganya mencapai 140 kWH dengan torsi maksimal 300 Nm. Mesin dihubungkan dengan transmisi kopling ganda 7 percepatan. Akselerasi 0-100 km/jam cuma 7,9 detik.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Deretan Mobil JDM Legendaris Di Dunia

Para penggemar mobil pasti tak asing lagi mendengar mobil JDM. Yap, mobil JDM legendaris di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *