Thursday , January 21 2021
Home / News / Mobil Mengalami Overheat, Lakukan Hal Ini

Mobil Mengalami Overheat, Lakukan Hal Ini

Masalah overheat pada mesin mobil memang merupakan hal yang cukup sering terjadi. Penyebab-penyebab dari masalah ini memang cenderung diakibatkan oleh kurangnya perhatian dari si pemilik kendaraan. Namun, bila tanda-tanda mobil mengalami overheat ini muncul secara tiba-tiba pastinya Anda tidak dapat langsung memperbaikinya di tengah jalan.

Inilah cara atasi overheat saat sedang berkendara.

Menghentikan kendaraan dan matikan mesin

Ketika mengalami overheat saat sedang melakukan perjalanan. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah menepi ke pinggir jalan dan segera mematikan mesin mobil agar suhu mesin kembali turun. Hal ini dilakukan demi mencegah mobil untuk mengalami kerusakan yang bahkan lebih parah dan merugikan.

Membuka kap mesin

Setelah mematikan mesin. Hal selanjutnya yang perlu dan penting untuk dilakukan adalah membuka kap mobil agar udara panas yang terperangkap di dalam ruang mesin keluar. Namun, hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena terkadang tuas penyangga kap yang tersimpan di dalam mobil ikut menerima suhu panas dari radiator.

Jangan membuka tutup radiator

Ketika mesin mobil sedang mengalami overheat, hal yang jangan pernah dilakukan adalah membuka tutup radiator. Jika hal ini dilakukan, maka akan berbahaya untuk keselamatan Anda dan juga dapat menjadi penyebab radiator cepat rusak. Alasannya, karena mesin mobil yang panas menyebabkan uap bertekanan tinggi akan lepas dan dapat mengakibatkan luka bakar terkena kulit.

Periksa tabungan air cadangan radiator

Cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator pasti terdapat pada setiap mesin mobil. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah air radiator kurang atau tidak serta indikator ketinggian air, jika kurang maka akan berbahaya untuk mesin. Yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan cairan pendingin sampai posisi garis atas, baik dalam keadaan mesin yang masih panas atau sedang dingin. Namun, jika mobil hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, maka Anda harus menunggunya sampai mesin mendingin.

BACA JUGA  Vespa 150 TAP, Vespa yang Bisa Hancurkan Tank Perang

Memutuskan untuk menunggu bantuan

Ketika mobil mengalami overheat, maka perhatikanlah bagian bawah mobil, apakah ada air bocor yang mengalis atau tidak. Bila terdapat air yang terus menetes, maka sudah dipastikan bahwa radiator mengalami kebocoran atau bahkan mesin dapat menjadi jebol bila perjalanan tetap dilanjutkan. Maka dari itu, lebih baik Anda menunggu bantuan dari bengkel resmi terdekat.

Itulah cara mengatasi overheat yang dapat kitaberkata.com rangkum untuk anda. semoga menambah wawasan anda mengenai otomotif. nantikan artikel otomotif lainnya yang akan kami sajikan untuk anda stay terus bersama kami yaaa..

sumber : dari berbagai sumber

Check Also

Inilah Cara Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan Gigi

kesehatan gigi dаn mulut ѕеrіng kali bukаn menjadi рrіоrіtаѕ bаgі penduduk Indоnеѕіа. Nуаtаnуа, kesehatan gigi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *