magzter.com

Oleh – Oleh yang Wajib Dibeli Jika Berwisata Ke Malaysia

Oleh-oleh atau cindera mata merupakan, sesuatu yang bisa berupa benda atau makanan yang dibeli untuk kenang-kenangan saat berkunjung ke suatu tempat.

Kali ini Kitaberkata.com akan memberikan daftar oleh-oleh khas Malaysia. Sebaiknya kalian membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum berangkat pergi ke Malaysia, disimak ya.

Songket Malaysia

nursongket.com.my

Malaysia terkenal dengan pakaian songket yang terbuat dari sutra atau katun dan ditenun dengan proses khusus menggunakan benang emas atau perak.

Pakaian ini adalah pakaian khas melayu yang bisa kamu gunakan untuk menghadiri acara formal. Tempat untuk membeli songket Malaysia antara lain ada di Central Market yang terletak di Kuala Lumpur.

Selain itu kamu bisa juga membelinya di Kompleks Kraftangan di Kuala Lumpur atau Langkawi.

Old Town White Coffee

travelvui.com

Oleh-oleh khas Malaysia murah yang bisa kamu beli dalam jumlah banyak adalah Old Town White Coffee. Sama seperti warga negara lainnya, Malaysia juga sangat menyukai kopi dan bahkan memiliki satu merek kopi legendaris.

Old Town White Coffee bisa kamu beli dalam kemasan sachet dan mudah dibawa. Tempat untuk membelinya pun tidak sulit ditemukan. Kamu bisa membelinya di minimarket atau pusat oleh-oleh yang ada di Malaysia.

Wau Wau

aminrawan03.blogspot.com

Wau Wauadalah sejenis layang-layang besar yang kerap dimainkan dengan cara diterbangkan dan diberibenang agar bisa dengan mudah diturunkan ataupun mengatur ketinggian.

Walaupun awalnya hanya dimainkan oleh orang-orang pedalaman, namun kini wau telah dimainkan banyak orang, bahkan ada festivalnya. Bahan pembuatannya adalah bambu yang dibuat menjadi kerangka wau lalu diberi kain dan direkatkan dengan lem.

Beberapa jenis wau adalah wau bulan yang sangat populer di Malaysia karena pembuatannya yang lebih mudah. Bentuknya seperti wau normal pada bagian atas lalu dibawah ada bentuk bulan sabit.

Lalu adajuga Wau Kucing yang mirip kucing duduk dengan sudut pandang dari belakang.

Selanjutnya Wau Jala Budi (berbentuk daun budi), Wau Merak (mirip burung merak), Wau Dodo Helang (berbentuk burung elang dengan sayap yang unik dan berbeda dari wau kebanyakan), Wau Kangkang (mirip wau jala budi namun ekornya lebih memanjang), Wau Seri Bulan (mirip wau bulan), Wau Seri Negeri (wau yang diberi busur yang menghasilkan suara), dan Wau Puyuh (mirip wau bulan, namun ditambah adanya ekor).

Pua Kumbu

Pua kumbu adalah kain yang bisa didapatkan di Malaysia yang khas dari daerah Serawak. Kain-kain tersebut bisa dijadikan menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari kua kumbu dengan bentuk tertentu untuk menghias rumah.

Bentuk-bentuk pua kumbu yang lazim adalah alas meja dan hiasan dinding. Atau bisa juga dibuat untuk dipakai menjadi baju yang unik dan membuat pemakainya terlihat cantik.

Kain yang dibuat dengan cara ditenun ini memiliki warna yang sangat melekat atau khas, yaitu merah, putih, dan hitam. Kebanyakan pembuatnya menggunakan tangan dengan cara ditenun untuk menciptakan kain yang lebih indah dibanding pua kumbu yang dibuat menggunakan mesin.

Hasil dari tenunan tanganakan membuat kain lebih tebal dan berat, namun yang dibuat memakai mesin lebihringan dan tipis.

Milo Cube

bukalapak.com

Inilah snack paling hits yang menjadi primadona para traveler Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Keunikan dari snack ini adalah bentuknya yang kotak kecil yang terlihat seperti dadu dalam permainan monopoly.

Untuk rasa jangan ditanya lagi, pasti kalian semua juga sudah familiar dengan rasanya.

Namanya juga Milo, semua orang juga pernah merasakan bubuk susu milo, namu kalau yang ini tidakperlu di seduh di campur dengan air lagi. Karena wujudnya permen, ya tinggal makan saja.

Rasanya lebihmanis jika dibanding serbuk susu milo yang biasa kita beli di warung-warung. Milo Cube belum banyak yang menjualnya di Indonesia, jadi bisa dijadikan oleh oleh ketika berkunjung ke Malaysia. Harganya juga tidak terlalu menguras kantong-kantong jiwa backpacker kok.

Siap berlibur ke Malaysia?

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Tempat Wisata Terkenal Di Indonesia

Jika kita berbicara tentang Indinesia Itu tudak akan ada habisnya, Indonesia mempunyai banyak daya tarik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + one =