Home / Info / Pemerintah Siapkan Chatbot di WhatsApp Untuk Berikan Berita Covid-19 yang Akurat
image source : health.detik.com

Pemerintah Siapkan Chatbot di WhatsApp Untuk Berikan Berita Covid-19 yang Akurat

Banyak kabar hoaks yang beredaran mengenai berita virus covid-19. Per tanggal 20 Maret 2020, tercatat ada 145 berita hoaks yang beredaran, dikutip dari covid19.go.id. Salah satu kabar hoaksnya adalah Presiden Jokowi yang terinfeksi virus corona. Untuk menangkal berita-berita seperti itu, Kominfo pun membuatkan sebuah chatbot di WhatsApp.

Bot ini sudah bisa dinikmati mulai dari tanggal 20 Maret 2020. Selain bot WhatsApp, kalian bisa mengakses web covid19.go.id untuk menghindari berita-berita hoaks yang beredaran.

“Sudah (bisa dicoba masyarakat). Kemarin kita sempat trial, namun sudah oke,” kata Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Bagi kalian yang ingin mencari informasi seputar virus corona, dapat memanfaatkan akun chatbot WhatsApp ini, selain mengakses situs covid 19 yang sudah disediakan pemerintah. Kalian juga bisa dengan menelpon call center 119.

Caranya hampir sama seperti menambah akun kontak Whatsapp biasa. Kamu bisa klik di sini atau bisa masukkan nomor +6281133399000 di smartphone kalian. Setelah itu, beralih dan masuk ke aplikasi Whatsapp lalu cari nomor di atas yang kalian masukkan.

Akun Whatsapp bot ini berisi centang hijau disebelah nama akun bot tersebut. Jika yang kalian add tidak berisi centang hijau, kemungkinan akun yang kalian add salah.

image source : whatsapp

Kemudian beralihlah ke kolom chat pada kontak tersebut dan ketik ‘hai’ atau ‘halo’. Nantinya akun chatbot WhatsApp COVID-19 milik pemerintah ini hanya akan memberikan informasi berdasarkan opsi pertanyaan yang telah dipilih, mulai dari ‘Kabar COVID-19 terkini di Indonesia’, ‘Sebenarnya apa sih COVID-19 itu?’, hingga soal ‘Rumah Sakit Rujukan COVID-19’.

image source : whatsapp

Bila kalian menanyakan di luar pertanyaan di atas, tentunya chatbot tidak akan merespon dan malah akan dikembalikan dengan chat yang sebelumnya di awal. Dengan mengetik A, B, C, D, E, F, atau G terkait informasi yang ingin kalian ketahui, chatbot ini langsung membalasnya yang jawabannya standar.

BACA JUGA  Pelajar China Meninggal Karena Kenakan Masker saat Olahraga

Akun chatbot ini pastinya akan terus dikembangkan seiring berjalannya waktu dengan informasi yang disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan.

Dengan adanya bot di Whatsapp ini, semoga berita-berita hoaks yang beredar di media sosial, tidak mudah dipercaya oleh orang yang membacanya.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil Tak bisa dipungkiri lagi, penyebaran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *