Tuesday , October 27 2020
Home / Gadget / Pengunduh Aplikasi Pelacak Virus Corona Makin Membludak

Pengunduh Aplikasi Pelacak Virus Corona Makin Membludak

Semenjak Virus Corona mewabah di berbagai belahan dunia, aplikasi pelacak virus corona itu makin populer karena diunduh oleh banyak orang.

Sebagai contoh, aplikasi pelacak Virus Corona, Corona 100m, menduduki peringkat keenam dari 15 unduhan teratas di Google Play Store Korea Selatan. Padahal, aplikasi tersebut baru dibuat pada awal Februari 2020.

Bae Won-Seok selaku pengembang aplikasi tersebut mengklaim bahwa unduhan Corona 100m mencapai 20 ribu setiap jamnya. Pihak perusahaan menyebut, lonjakan jumlah pengunduh aplikasi tersebut dipicu oleh meningkatnya jumlah kasus Virus Corona di Negeri Ginseng tersebut.

Melalui Corona 100m, Bae Won-Seok berharap agar aplikasi tersebut mampu mencegah penyebaran pasien Covid-19 dan memberikan saran kepada pengguna aplikasi untuk menghindari tempat-tempat yang terdampak Virus Corona.

Sekilas tentang Corona 100m, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat pasien yang terinfeksi virus, mulai dari tanggal, kewarganegaraan, jenis kelamin, usia, dan tempat pasien berkunjung.

Pengguna juga bisa melihat seberapa dekat mereka dengan pasien Covid-19. Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 1 juta kali sejak diluncurkan 11 Februari, menurut catatan Google Play Store.

Indonesia juga tak kalah, Menkominfo Johnny G Plate beberapa waktu yang lalu mengumumkan pemerintah akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melacak riwayat pasien positif corona. Setelah masa pengembangan, aplikasi tersebut kini telah bisa diunduh oleh pengguna ponsel Android.

Aplikasi ini bisa diunduh lewat Google Play Store. Tapi karena masih dalam tahap pengembangan, aplikasi ini baru tersedia dalam versi early access dan link untuk mengunduhnya bisa didapat di situs pedulilindungi.id.

Setelah masuk dalam situs tersebut, klik ikon Play Store yang ada di halaman depan. Kalian akan langsung diarahkan ke halaman Play Store PeduliLindungi untuk download dan instal aplikasi tersebut.

BACA JUGA  Baterai Realme X50 Dapat Bertahan Selama 2 Hari ?

PeduliLindungi dideskripsikan sebagai aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Aplikasi ini tidak hanya melindungi pasien positif, PDP dan ODP tapi juga masyarakat sekitar.

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan pasien positif virus corona bisa dilakukan.

Cara kerja aplikasi PeduliLindungi memanfaatkan koneksi Bluetooth, mirip dengan aplikasi TraceTogether yang digunakan pemerintah Singapura.

Ketika ada perangkat lain dalam radius jangkauan Bluetooth yang terdaftar di PeduliLindungi, akan terjadi pertukaran ID anonim yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

Aplikasi yang dikembangkan Kominfo dan Kementerian BUMN ini kemudian mengidentifikasi orang-orang yang pernah melakukan kontak jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP dan ODP. Adapun riwayat pergerakan pasien positif yang dianalisis itu 14 hari ke belakang sejak dinyatakan telah terjangkit virus tersebut.

Dalam situsnya, PeduliLindungi menjamin kerahasiaan data pribadi milik pengguna. Data akan dienkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data ini juga hanya akan diakses bila pengguna berada dalam risiko terinfeksi virus corona dan harus dihubungi petugas kesehatan.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Peluncuran Samsung Galaxy S20 FE Semakin Dekat

Infоrmаѕі mengenai Sаmѕung Galaxy S20 FE ѕеmаkіn bаnуаk bеrеdаr dі ranah іntеrnеt. Kаlі іnі kеmbаlі …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *