Wednesday , September 23 2020
Home / Kesehatan / Pentingnya Ventilasi Rumah Bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya Ventilasi Rumah Bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya ventilasi rumah memberikan kesehatan karena dapat mensirkulasi udara didalam rumah dan membuat udara dirumah menjadi sehat

Peduli akan ventilasi rumah berarti peduli juga terhadap kesehatan penghuninya. Kenapa ventilasi sangat penting? Berikut beberapa alasan pentingnya ventilasi rumah yang dirangkum Kitaberkata.com:

Pentingnya ventilasi rumah

1. Sebagai kontrol polutan

Anda mungkin berpikir bahwa kualitas udara di luar rumah tidak terlalu bagus, terutama jika Anda tinggal di pusat kota yang ramai. Jangan salah, karena dalam banyak kasus, udara di dalam rumah justru bisa lebih tercemar daripada udara di luar.

Ventilasi rumah yang baik akan membantu mengeluarkan penumpukan polutan, bakteri, kelembapan, dan bau tidak sedap yang ada di dalam rumah.

2. Mengurangi kelembapan dalam rumah

Alasan lain mengapa pentingnya ventilasi rumah adalah karena jumlah sirkulasi udara yang tepat akan membantu mengontrol kelembapan yang ada di seluruh rumah.

Dengan adanya ventilasi rumah, semua barang-barang yang ada di dalam rumah Anda, termasuk dinding dan lantai, akan tetap kering sehingga dapat terhindar dari kelembapan yang merusak struktur bangunan.

Selain berfungsi untuk mengurangi kelembapan, ventilasi rumah juga dapat mencegah pertumbuhan jamur yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

3. Menghemat energi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ruangan akan menjadi panas, gelap dan pengap karena tidak adanya ventilasi rumah yang baik sehingga tak jarang, orang-orang mengandalkan penyejuk ruangan, seperti AC atau kipas angin. Begitu pula dengan penerangan.

Padahal apabila Anda menerapkan ventilasi rumah yang baik, maka udara dan pencahayaan alami bisa masuk ke dalam rumah. Hal tersebut tanpa Anda sadari dapat menghemat listrik di siang hari.

4. Terhindar Dari Penyebaran Penyakit Menular

Pentingnya ventilasi rumah. Banyak sekali penyakit menular yang dapat ditularkan melalui udara, misalnya saja yang sering menjangkiti orang-orang kala musim hujan, yaitu flu.

BACA JUGA  Stop Bangun Siang ! Inilah 8 Manfaat Bangun Pagi

Bukan hal yang asing lagi bila kekebalan tubuh kita sedang turun, kita dapat tertular penyakit flu. Ventilasi udara dalam hal ini dimaksudkan untuk senantiasa mengurangi dampak penyakit tersebut karena sirkulasi udara akan masuk dan mengeluarkan virus, bakteri, dan jamur.

5. Menghilangkan Kepengapan Dalam Hunian

Infeksi saluran pernafasan seringkali disebabkan karena udara yang pengap, tidak terjaganya keseimbangan kadar oksigen dan kadar karbondioksida yang terkandung dalam udara. Kadar oksigen yang lebih sedikit akan menyebabkan penghuni rumah rentan menderita infeksi saluran pernafasan seperti radang tenggorokan dan batuk-batuk.

Dengan adanya ventilasi, pertukaran udara senantiasa lancar, kadar oksigen akan terjaga keseimbangannya sehingga para penghuni akan terhindar dari infeksi pernafasan akibat pengapnya udara di dalam rumah.

6. Melindungi kesehatan paru-paru dan mencegah terjadinya asma

Kondisi lembap dan berjamur dapat menimbulkan penyakit asma dan memengaruhi kondisi pernapasan lainnya. Kondisi lembap juga dapat membentuk lingkungan yang sempurna bagi tungau debu untuk bertahan hidup, bahkan berkembang biak menjadi lebih banyak.

Ketika tungau debu bersentuhan dengan kulit dan menyerang sistem pernapasan, eksim, gatal, dan masalah pernapasan bisa terjadi. Ventilasi rumah yang baik dapat membantu mencegah masalah ini dan memperbaiki sirkulasi udara ke dalam rumah.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Inilah 10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Indоnеѕіа mеruраkаn salah ѕаtu negara yang menghasilkan kорі tеrbеѕаr dі dunia, dаn memiliki berbagai mасаm …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *