Home / Kesehatan / Penyakit COVID-19. Ini Kelompok Penyakit Yang Beresiko Rentan Tertular

Penyakit COVID-19. Ini Kelompok Penyakit Yang Beresiko Rentan Tertular

Penyakit COVID-19 dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Saat ini penyakit COVID-19 telah diketahui dapat berisiko menyerang orang-orang dengan kondisi medis tertentu atau memiliki penyakit bawaan. Pada kelompok tersebut, COVID-19 juga cenderung dapat menimbulkan komplikasi dan gejala yang lebih berat.

Berikut Kitaberkata.com telah merangkum beberapa penyakit yang rentan tertular penyakit COVID-19. Yuk Simak berikut ini:

1. Gangguan pernapasan kronis

COVID-19 umumnya menyerang saluran pernapasan. Oleh karena itu, orang yang memiliki penyakit kronis pada saluran pernapasan, seperti PPOK dan asma, berisiko tinggi mengalami gejala yang parah ketika terinfeksi virus Corona.

Ketika terjangkit COVID-19, penderita penyakit pernapasan kronis akan lebih rentan mengalami gangguan pernapasan berat, seperti serangan asma, pneumonia, atau bahkan gagal napas.

2. Penyakit kardiovaskular

Penderita penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan hipertensi, umumnya memiliki kondisi jantung yang kurang baik dan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Hal ini membuat para penderita penyakit tersebut rentan menderita COVID-19 dengan gejala yang lebih berat.

Beberapa laporan pun menyebutkan bahwa risiko kematian akibat COVID-19 pada penderita penyakit kardiovaskular lebih tinggi daripada penderita COVID-19 yang sebelumnya sehat.

3. Diabetes

Diabetes yang tidak terkontrol lama-kelamaan dapat menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh dan kerusakan pada berbagai organ tubuh. Inilah yang membuat penderita diabetes lebih rentan terkena COVID-19 dan komplikasi fatal akibat infeksi virus Corona.

Selain itu, infeksi virus Corona juga terlihat dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi berbahaya dari penyakit diabetes, seperti ketoasidosis diabetik dan sepsis. Berbagai komplikasi diabetes tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kematian akibat COVID-19 pada penderita diabetes.

4. Penyakit ginjal

Infeksi virus Corona paling banyak menyerang saluran pernapasan, tetapi virus ini juga bisa merusak organ tubuh lainnya, termasuk ginjal. Beberapa laporan juga telah menyebutkan bahwa ada sebagian penderita COVID-19 yang mengalami gagal ginjal akut, padahal mereka tidak memiliki riwayat penyakit ginjal.

BACA JUGA  Jangan Dibuang, Ini dia Manfaat Kulit Jeruk Untuk Menjaga Kecantikan Wanita

Selain itu, infeksi virus Corona juga diketahui lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal kronis, rutin menjalani prosedur cuci darah, atau pernah menjalani operasi transplantasi ginjal.

5. Kanker

Penderita kanker tergolong dalam kelompok yang berisiko tinggi terinfeksi virus Corona dengan gejala berat dan komplikasi serius. Hal ini lantaran sistem kekebalan tubuh para penderita kanker tidak kuat dalam melawan infeksi.

Lemahnya sistem kekebalan tubuh penderita kanker ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya gangguan pada sel darah putih atau efek samping kemoterapi.

Selain beberapa penyakit di atas, COVID-19 juga lebih berisiko menyerang penderita penyakit autoimun. Hal ini karena penderita penyakit tersebut umumnya akan mendapatkan obat-obatan penekan sistem imun, sehingga daya tahan tubuh mereka lemah dan rentan terserang infeksi.

STOP PENYEBARAN VIRUS CORONA

Dengan ikuti dan taat terhadap peraturan Pemerintah, tidak keluar rumah, tidak melakukan kontak dengan orang lain dan selalu menjaga kebersihan.

Mari kita bersama sama membantu para pejuang corona dengan memberikan donasi berupa Alat Pelindung Diri (APD) seperti : Masker, Face Shield, Hazmat, Hand Sanitizer, Sarung Tangan, Alkohol dan lain lain .

Link Donasi :

Donasi

Sekecil apapun donasi yang kamu berikan sangatlah bermanfaat untuk mereka.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Khasiat Rajin Mengkonsumsi Mentimun

Mentimun di Indonesia sering digunakan sebagai makanan pelengkap dalam masakan. Mentimun juga sering digunakan sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *