Monday , November 30 2020
Home / Info / Platform yang Bisa Digunakan Untuk Pembelajaran Secara Online
image source : monitor.co.id

Platform yang Bisa Digunakan Untuk Pembelajaran Secara Online

Di dalam keadaan seperti ini kita dihimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, salah satunya yaitu sekolah. Jadi siswa dan guru diminta untuk melakukan pembelajaran secara online.

Kali ini Kitaberkata.com akan memberikan beberapa rekomendasi platform untuk melakukan pembelajaran secara online

1. Ruangguru

image source : bimbel.ruangguru.com

Ruangguru membuka program sekolah online gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB setiap Senin sampai Jumat. Sekolah online bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru.

Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

2. Zenius

image source : zenius.net

Zenius Education menggratiskan akses ke video pembelajaran di seluruh platformnya untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri.

Selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dengan format whiteboard yang diklaim memerlukan kuota internet paling hemat.

Guru juga dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.

3. Quipper

image source : quipper.com

Sebagai upaya untuk mendukung himbauan dari pemerintah, perusahaan edutech Quipper menggratiskan Quipper School, platform learning management system (LMS) yang menawarkan cara belajar inovatif dan mudah digunakan baik untuk para guru maupun siswa.

Dengan menggunakan Quipper School, guru dapat mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa.

Siswa pun dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas secara online melalui perangkat digital. Melalui kemudahan penggunaan aplikasi yang dapat diakses melalui website utama Quipper, diharapkan layanan Quipper School yang tersedia secara gratis dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak dari wabah COVID-19 di sektor pendidikan.

BACA JUGA  Inilah Alasan Gatget Kamu Cepat Panas

4. Sekolahmu

image source : sekolah.mu

Sekolahmu menyediakan beragam materi ajar yang bisa diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. Materi pelajaran yang disediakan telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Saat ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah wabah corona.

Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu guru dari berbagai sekolah. 

5. Schoology

image source : schoology.com

Schoology adalah solusi sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang dirancang untuk kolaborasi antara semua jenis pelajar dan instruktur.

Solusinya ditujukan untuk pembelajaran K-12 (istilah yang digunakan dalam pendidikan dan teknologi pendidikan di Amerika Serikat, yakni seperti TK, dan dari kelas satu sampai kelas dua belas.), pendidikan tinggi dan program pelatihan perusahaan.

Fokus utama solusi LMS Schoology adalah untuk memungkinkan kolaborasi, dengan pos pemeriksaan yang sering dilakukan untuk memastikan peserta terlibat dengan materi.

Penambahan terbaru untuk solusinya adalah manajemen penilaian, yang membawa fitur manajemen pembelajaran untuk penilaian.

6. Rumah Belajar

image source : belajar.kemdikbud.go.id

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja.

Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

BACA JUGA  Heboh!, Pria Ini Punya 4 Istri Dan 16 Selingkuhan Dalam 1 Rumah

7. Kelas Pintar

image source : kelaspintar.id

Kelas Pintar menggunakan Kurikulum 2013 Revisi Jan 2017 yang diselaraskan dengan konten multimedia yang dibangun oleh para ahli yang berpengalaman di bidang pendidikan dan pembelajaran.

Memberikan penjelasan menyeluruh secara audio-visual atas sebuah konsep melalui animasi, video, multimedia interaktif maupun buku pelajaran (e-book)

Mengarah kepada penguatan konsep melalui perangkat dan kegiatan yang bersifat interaktif, seperti HOTS (Higher Order Thinking Skills), Laboratorium Virtual, Tanya Jawab serta VBQ

Merupakan evaluasi komplit atas pembelajaran konsep melalui Tes Adaptif, Pilihan Ganda, Tes Berkala sampai pada Ujian Semester

8. Zoom

image source : zoom.us

Aplikasi zoom adalah software (perangkat lunak) untuk rapat virtual atau teleconfrence dengan konsep berbagi layar (sharing screen). Aplikasi ini memungkinkan 100 pengguna berpartisipasi dalam satu pertemuan online.

Aplikasi ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bila gratis waktu rapatnya dibatasi maksimal 40 menit untuk satu kali rapat.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Inilah 5 Film Comedy Barat Terlaris

Siapa уаng ѕukа dеngаn film kоmеdі? Hаmріr ѕеbаgіаn bеѕаr оrаng раѕtі mеnуukаі ѕаlаh ѕаtu genre …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *