Wednesday , September 23 2020
Home / Kuliner / 5 Sajian Masakan Berbahan Beras Merah
image source : parenting.orami.co.id

5 Sajian Masakan Berbahan Beras Merah

Mungkin yang kita temui sehari hari yaitu beras putih dimasak menjadi nasi yang menjadi kebutuhan kita setiap hari. Tetapi tidak hanya beras putih beras merah pun ada tetapi beras merah memiliki manfaat lebih dari beras putih, maka dari itu harga beras merah lebih mahal di pasaran daripada beras putih.

Sebetulnya apa sih yang membuat nasi merah lebih istimewa dari nasi putih? Salah satu keunggulannya terletak pada kandungan serat tinggi pada nasi merah. Hal ini dinilai lebih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Selain melahap dengan lauk beras merah ini juga bisa di kreasikan di masakan, yuk simak 5 sajian masakan beras merah :

1.Nasi goreng merah

image source : cookpad.com

Biasanya nasi goreng diolah dari persediaan nasi putih. Karena sama-sama nasi, jenis nasi merah dapat kamu pilih untuk membuat masakan satu ini. Bahan-bahannya mudah banget dicari. Tinggal sedia nasi merah secukupnya lalu di masak bersamaan dengan minyak goreng atau margarin. Ditambah bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, telur, kecap, serta bahan-bahan lain sebagai pelengkap.

2.Sushi beras merah

image source : hijabkeren,com

Anda pecinta sushi, tapi sedang masa diet? Nggak perlu khawatir, coba saja buat sendiri dengan mengganti nasi putih ke nasi merah. Dijamin tetap enak dan tidak menaikkan berat badan Anda.

Siapkan wadah, masukkan nasi merah ke dalam wadah. Campur nasi dengan minyak wijen dan cuka, aduk rata. Ambil gulungan sushi, letakkan plastik bening di atasnya, lalu letakkan nori. Taruh nasi yang sudah dibumbui di atas nori, ratakan.

Tambahkan wortel yang sudah dipotong memanjang, bayam, telur dadar, tuna dan timun secara vertikal, taruh di atas nasi. Gulung perlahan dan padatkan. Potong gulungan sushi, oleskan pisau dengan minyak wijen agar tidak lengket. Sajikan sushi bersama shoyu (kecap asin) dengan sedikit minyak wijen. Sushi siap disajikan.

BACA JUGA  Ingin Awet Muda ? Yuk Cobain 5 Makanan Ini

 3.Nasi merah bakar ayam kemangi

image source : tribunnews.com

Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan

Bumbu nasi: Tumis daun salam, lengkuas, serai sampai harum. Masukan santan, air, dan garam sampai mendidih. Masukkan beras merah. Masak nasi menggunakan rice cooker, diamkan. Haluskan bawang merah, bawang putih , cabai rawit, cabai merah, dan cabai keriting. Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan ayam suwir dan kemangi, beri sedikit air, aduk rata. Beri garam, gula, dan lada. Masak sampai matang dan sisihkan.

Siapkan daun pisang untuk membungkus. Taruh nasi merah dan ayam suwir di atasnya. Bentuk seperti lontong. Panggang di atas bakaran atau teflon sampai daun agak gosong. Angkat dan siap disajikan.

4. Bubur beras merah

image source : food.detik.com

Mengolah beras merah menjadi bubur yang bertekstur lembut. Bubur beras merah sangat kaya gizi dan enak di lidah. Belum lagi cara membuatnya yang gampang cocok dijadikan menu makan sehat, terutama sebagai sajian ketika sarapan. Jangan lupa taburi dengan beragam topping daging, sayuran, atau telur sesuai selera masing-masing.

5.Burger nasi merah

image source : kaskus.com

Buat kreasi nasi merah menjadi rice burger yang serba beda dari yang lain. Caranya, campur nasi merah dengan daging, sayuran, serta bumbu penyedap lalu bentuk menyerupai burger. Masak di atas teflon dengan sedikit minyak goreng atau margarin supaya gak lengket. Jangan lupa bolak-balik burger buatanmu untuk menghindari kegosongan.

Bagaimana ulasan sajian masakan beras merah ? Mau masak yang mana nih ?

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Inilah 5 Makanan Yang Bikin Happy

Hоrmоn dораmіn аdаlаh salah ѕаtu sel kіmіа dаlаm otak yang tugasnya menyampaikan pesan dаrі ѕаtu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *