Home / Info / Sampah Plastik, Permasalahan yang Belum Bisa Diatasi
image source : ecoticias.com

Sampah Plastik, Permasalahan yang Belum Bisa Diatasi

Dari tahun ke tahun, permasalahan lingkungan di Indonesia sangatlah beragam, dan ini belum bisa teselesaikan dengan baik. Masalah yang terjadi antara lain masalah mengenai pencemaran lingkungan, mulai dari pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran air. Namun masalah lingkungan yang mendominasi saat ini ialah sampah (sampah plastik).

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Material itu dapat berupa sampah padat dan cair, kemudian untuk sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu sampah organik (sampah yang dapat terurai) dan sampah anorganik (sampah yang tidak dapat terurai).

Informasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menarangkan kalau tahun 2019 sampah di Indonesia hendak menggapai 68 juta tons. Sedangkan sampah plastik diperkirakan hendak menggapai 9. 52 tons.

World Economic Forum( WEF) memprediksi pada 2050 mendatang, jumlah plastik di lautan diperkirakan lebih banyak dibandingkan jumlah ikan. Mereka memperkirakan kalau 2050 mendatang, jumlah plastik yang dibuat secara global bertambah 3 kali lipat menjadi 1, 124 miliyar ton.

Bayangkan saja, sampah plastik yang sulit terurai, dan membutuhkan waktu lama untuk terurai menjadi kecil itu bisa saja dikonsumsi oleh hewan-hewan laut, dan akan membahayakan kelangsungan hidupnya.

Tidak hanya hewan laut, hewan peternakan seperti sapi yang dilepas begitu saja oleh pemiliknya akan memakan plastik yang berserakan.

Sebenarnya sangat mudah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik yang kian membludak saat ini, yaitu dengan menggunakan tas belanja saat sedang membeli sesuatu. Tas belanja lebih ramah lingkungan ketimbang plastik yang sekali pakai, bisa dibayangkan jika kita membeli sesuatu dengan tas belanja, dan itu dilakukan setiap hari, tentunya ini akan menambah jumlah sampah plastik.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil Tak bisa dipungkiri lagi, penyebaran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *