Home / Kesehatan / Ternyata Yogurt Menyimpan Banyak Kebaikan
image source : idntime.com

Ternyata Yogurt Menyimpan Banyak Kebaikan

Yogurt terbuat dari olahan susu yang sudah difermentasikan dengan bakteri. Yogurt ternyata menyimpan banyak kebaikan di dalamnya.

Menkonsumsi yogurt memang baik untuk kesehatan kita. Kira-kira apa saja manfaat yang diberikan oleh yogurt ya? Yuk disimak.

1. Menurunkan Berat Badan dan Cegah Obesitas

Yogurt adalah solusi bagi Anda yang ingin efektif menurunkan berat badan. Yogurt terbilang menu sehat yang bisa menurunkan berat badan.

Sebab, lemak yang ada dalam tubuh akan diproses menjadi feses, sehingga akan keluar saat buang air besar (BAB).

Manfaat yogurt ini muncul karena adanya kandungan mineral dan senyawa dalam yogurt yang bisa mengatasi lemak jahat.

Selain itu, yogurt dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan bisa dikurangi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi yogurt sebanyak 2-3 porsi per hari atau lebih mengalami penurunan tensi darah hingga 50% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali.

Manfaat yogurt ini berasal dari kandungan kalium yang dapat membuang kelebihan natrium dari dalam tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Usus

Yogurt mengandung probiotik alias bakteri baik seperti lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium. Bakteri ini berfungsi mengatasi bakteri H. pyloru penyebab infeksi pencernaan di dalam usus serta lambung.

Karena itu, yogurt efektif meredakan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan diare.

4. Sumber Protein yang Sangat Baik

Protein adalah mineral penting yang diperlukan dan digunakan dalam menjalankan berbagai fungsi tubuh.

Itu sebabnya kekuragan protein berkaitan dengan berbagai macam gangguan, seperti kesulitan berpikir jernih; rambut, kulit, dan kuku yang mudah rapuh; hingga kehilangan massa otot.

BACA JUGA  Begadang Jangan Begadang, Inilah Bahayanya Tidur Larut Malam

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Yogurt rendah gula atau bebas lemak berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan lemak dari produk susu murni ataupun fermenrasi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga berguna untuk melindungi jantung.

Yogurt dapat menurunkan risiko penyakit jantung berbahaya dan mencegah terjadinya stroke. Namun, Anda perlu mengonsumsi yogurt murni tanpa perasa atau pemanis buatan supaya hasilnya lebih maksimal.

6. Memperkuat Sistem Imun

Mineral dan gizi penting yang terkandung di dalam yogurt bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab dan memiliki manfaat untuk melawan penyakit.

Kamu dapat mengonsumsi setidaknya 400 gram yogurt setiap hari agar mendapatkan manfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu serta membantu melawan infeksi dan bakteri.

7. Menghilangkan Bau Mulut

Robert Meltzer, dokter spesialis pencernaan di Lenox Hill Hospital, New York City, mengemukakan probiotik dalam yogurt dapat menetralkan asam di tenggorokan belakang dan kerongkongan.

Yogurt memang efektif menghilangkan bau napas yang disebabkan oleh kondisi gastrologi, seperti asam refluks. Namun, tidak bisa menghilangkan bau napas akibat bakteri di mulut, kerusakan hati, atau penyakit paru-paru.

Itulah beberapa kebaikan yang diberikan oleh yogurt jika kita mengkonsumsinya.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Khasiat Rajin Mengkonsumsi Mentimun

Mentimun di Indonesia sering digunakan sebagai makanan pelengkap dalam masakan. Mentimun juga sering digunakan sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *