Home / Tips / 5 Tips Agar Tidak Sariawan Saat Puasa, Coba Lakukan Ini

5 Tips Agar Tidak Sariawan Saat Puasa, Coba Lakukan Ini

Saat puasa, biasanya kita akan terkena sariawan di mulut akibat beberapa hal dan salah satunya yaitu panas dalam. Sariawan saat puasa memang sangat mengganggu dan sangat tidak enak, karena kita akan sulit untuk makan sesuatu saat sahur ataupun berbuka. ada beberapa tips agar tidak sariawan dengan mengurangi makanan yang berminyak dan yang lain

Berikut adalah tips agar tidak sariawan yang telah dirangkum Kitaberkata.com. Yuk kita simak rangkumannya

5 Tips Agar Tidak Sariawan Saat Puasa

1. Obat Kumur

Tips agar tidak sariawan saat puasa yang pertama yaitu dengan berkumur menggunakan obat kumur. Sariawan bisa terjadi akibat adanya bakteri yang terkumpul di dalam mulut, bakteri ini biasanya terdapat di sela gigi. Dan sisa-sisa makanan yang sulit untuk dihilangkan ini dapat kita hilangkan dengan berkumur menggunakan obat kumur sebelum tidur atau sesudah sahur.

Tetapi bila kalian telah mendapatkan sariawan yang belum terlalu parah maka kalian juga bisa berkumur dengan obat kumur tersebut. Karena di dalam obat kumur terdapat cairan antiseptik yang dapat mencegah infeksi dalam mulut lebih parah. Untuk itu kalian bisa menjadikan cairan obat kumur sebagai cara agar tidak sariawan saat puasa Ramadhan.

2. Sikat gigi dengan lembut

Tips agar tidak sariawan saat puasa yang kedua adalah dengan sikat gigi dengan lembut. Untuk merawat kesehatan mulut, orang yang kerap sariawan perlu cermat memilih sikat gigi.

Pilih sikat gigi yang bulunya lembut dan tak mudah menyakiti dinding bagian dalam mulut. Selain itu, menyikat gigi juga tak perlu terlalu kencang. Karena bisa menyakiti bagian dalam mulut.

Hal tak kalah penting, jangan malas menyikat gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Saat puasa, Anda disarankan untuk tetap menyikat gigi dua kali sehari selepas santap sahur dan sebelum tidur.

BACA JUGA  Tips Berkendara Saat Musim Hujan

3. Konsumsi Vitamin B12

Tips agar tidak sariawan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin B12. Hal tersebut karena vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang dapat menunjang kinerja otak, saraf, dan produksi sel darah merah. Menurut sebuah study 2015 mengonsumsi makanan yang memiliki asupan vitamin B12 terbukti dapat mengurangi sariawan di dalam mulut. Kalian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti, telur, yogurt, susu, oatmeal, dan masih banyak lagi.

Kalian bisa menjadikan makanan tersebut sebagai makanan selingan saat berbuka atau cemilan malam. Kalian juga bisa menjadikan oatmeal dan susu sebagai makanan sahur untuk memberikan asupan nutrisi bagi tubuh agar terhindar serta mengurangi sariawan saat puasa Ramadhan.

4. Air Mineral

Biasanya saat puasa kita akan kekurangan cairan akibat tak banyak mengonsumsi air mineral ketika berbuka ataupun sahur. Dan tentunya, panas dalam ini dapat menimbulkan sariawan di bibir.

Tak hanya sariawan saja, panas dalam juga dapat diperparah dengan sakit tenggorokan serta bibir kering. Untuk itu mengonsumsi air mineral yang banyak dapat mengurangi panas dalam akibat sariawan dan sakit tenggorokan.

Kalian dapat mengonsumsi air mineral secara rutin saat berbuka, sebelum tidur, dan saat sahur. Agar saat menjalankan ibadah puasa, kalian tidak akan kekurangan banyak cairan dan tidak terserang panas dalam. Bukan hanya itu saja, air mineral juga dapat menghilangkan bakteri dalam mulut yang mengakibatkan sariawan.

5. Makanan Bersantan

Cara agar tidak sariawan terakhir yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung santan. Saat berbuka puasa, mengonsumsi santan terlalu sering dan berlebihan dapat membuat asam lambung naik, dan juga dapat mengakibatkan sariawan.

Karena santan memiliki kadar minyak dan lemak jenuh yang sangat banyak. Dan bila dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat tubuh kekurangan cairan, serta dapat terkena panas dalam akibat minyak dan asam lambung yang terjadi setelah mengonsumsi santan.

BACA JUGA  Ini Dia Tips Agar Kalian Fokus Saat Belajar

Maka dari itu, mengonsumsi santan saat puasa tak baik dilakukan terlalu sering. Bukan hanya berbahaya bagi penderita maag saja. Ternyata santan juga dapat membuat tubuh yang kekurangan cairan dapat terkena panas dalam dan sariawan.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Tips Menjaga Keuangan Pada Masa Pandemi Corona

Pandemi virus corona atau Covid-19 bisa saja membuat orang khawatir tentang banyak hal. Salah satu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *