Tips cari Hp iPhone Bekas, Agar Tak Kecewa

Bagi kamu yang pingin punya hp iPhone, tapi cuma punya modal paspasan jangan kawatir kalian masih bisa untuk membeli hp idola semua kalangan ini dengan membelinya dalam keadaan bekas (second). berikut kitaberkata.com akan merangkum tips dan trik untuk membeli hp iPhone bekas agar kamu tidak kecewa.

1.Hindari membeli iPhone 5 dan varian sebelumnya

Ingin memiliki iPhone memang sah-sah saja. Namun jangan sampai kamu membeli varian yang terlalu lawas hanya karena harganya murah. Usahakan membeli versi di atas iPhone 5. Sebab versi sebelumnya tidak mendukung layanan 4G yang cukup krusial untuk berkomunikasi saat ini. 

Bukan hanya itu, varian yang lama kemungkinan tidak mendukung berbagai aplikasi yang kamu pakai saat ini, jadi percuma saja memakainya. Mereka pun sulit untuk dijual lagi. Jadi jika kamu menyesal membelinya, smartphone tersebut hanya akan terbengkalai di laci mejamu.

2.Cari iPhone Yang Masih Bergaransi

Jika kamu berniat beli online melalui e commerce, seperti Bukalapak, carilah iPhone yang masih bergaransi resmi. Biasanya memang harganya lebih mahal, tapi kenapa tidak kalau kualitasnya lebih terjamin. “Untuk mendapat iPhone bekas yang berkualitas, memang harus sabar dalam mencari dan enggak perlu terburu,” kata Decky.

Harus kamu ketahui bahwa tidak ada istilah garansi internasional untuk iPhone, yang benar adalah garansi regional. Artinya, pengguna iPhone hanya bisa klaim garansi di negara iPhone tersebut dikeluarkan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa lihat di dus belakang kiri bawah.

Contoh kode negara untuk iPhone:

MY/A: Malaysia

LL/A: Amerika

X/A: Australia

ZP/A: Singapore, Hongkong

PA/A: Indonesia

3.Cek Nomer IMEI iPhone

Setelah searching, dapat barang bagus, jangan lupa baca deskripsi produk yang penjual tulis, dan tanyakan apabila ada yang kurang jelas terkait kelengkapan perangkat. Pastikan komplet dan masih original. Kalau semua informasi yang diberikan sudah cukup, sebelum deal mintalah nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) iPhone tersebut. Nomor IMEI ini ada di menu Setting > General > About.

Coba cek nomor IMEI di laman Apple untuk mengetahui waktu produksi dan sisa masa garansi iPhone tersebut, jadi pelapak tidak bisa bohong.

4.Cek Kondisi Fisik iPhone

Jangan lupa untuk mengecek kondisi fisik iPhone secara teliti, pastikan sesuai dengan deskripsi yang penjual berikan dan cek pula kelengkapannya.

Untuk cek iPhone bekas, berikut beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

  • Cek jaringan selular dan internet, di mana kamu bisa memasukkan kartu SIM dan menghubungkannya ke jaringan WiFi. Jangan lupa cek koneksi lain seperti Bluetooth.
  • Periksa tombol Home, cek responsivitasnya dan pastikan masih empuk dan berjalan dengan baik tanpa ada sesuatu yang aneh. Pasalnya komponen ini terkenal cepat rusak.
  • Periksa tombol Power, pastikan masih dalam keadaan normal untuk membuka dan menutup iPhone.
  • Pastikan earphone berfungsi, kalau ada dalam kelengkapan yang diberikan pastikan aksesoris ini masih berfungsi dengan baik. Jika masih dalam keadaan baru dan asli, sebaiknya kamu simpan untuk meningkatkan harga jual kembali nantinya.
  • Cek charger dan kabel lighting berfungsi, mengingat cukup sulit menemukan kabel charger iPhone asli di pasaran yang juga punya harga cukup mahal.
  • Cek jack audio, jika masih ada pastikan suara yang dihasilkan tidak tersendat-sendat.
  • Tes speaker dan earpiece, coba gunakan untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon untuk memastikan suara tetap jernih dan tidak pecah.

5.Cek Fitur iPhone dan Pastikan Masih Berfungsi

Penting untuk kamu ketahui, Apple nggak menjual komponen iPhone original secara bebas di pasaran. Yang mana artinya, semua spare part tersebut adalah produksi pihak ketiga, geng.

Jadi sebelum deal, pastikan kamu membeli iPhone bekas yang tidak memiliki kerusakan sama sekali. Berikut beberapa fitur iPhone yang mesti kamu perhatikan.

  • Periksa responsivitas layar, kamu bisa mengecek secara keseluruhan apakah fungsi touchscreen masih berjalan atau tidak pada semua sisi. Coba juga sensor rotasi (accelerometer), berjalan baik atau tidak.
  • Cek ambient light sensor, yang mana berfungsi untuk meredupkan layar di kondisi ruangan gelap. Caranya kamu tinggal tutup 1/3 layar atas dengan tangan, lalu tekan tombol Sleep dan hidupkan kembali. Jika fitur ini berfungsi, seharusnya layar bakal lebih redup dari sebelumnya.
  • Periksa konektivitas, baik itu jaringan selular, WiFi, Bluetooth, dan GPS.
  • Cek kondisi kamera, lakukan pengujian pada semua fitur yang terdapat pada kamera depan maupun belakang. Uji coba juga untuk mengambil foto baik dengan atau tanpa flash dan lihat hasilnya.
  • Cek kesehatan baterai, caranya kamu tinggal pergi ke menu Settings > Battery > Battery Health.

6.Perhatikan iPhone SU dan iPhone FU

Sebagai informasi tambahan saat kamu beli iPhone bekas, kamu juga wajib mengetahui perbedaan dari istilah iPhone SU dan iPhone FU, geng.

iPhone SU atau Software Unlock merupakan jenis iPhone yang sudah di-unlock menggunakan software dari sebelumnya yang hanya bisa menggunakan satu kartu provider saja.

Dengan proses unlock, kamu pada akhirnya bisa menggunakan kartu provider lain. Walaupun cara ini perlu jailbreak yang bakal mengubah fungsi iPhone itu sendiri.

Sementara iPhone FU atau Factory Unlock adalah jenis iPhone yang tidak dikunci dari pabrik, sehinga dapat menggunakan berbagai jenis kartu provider di seluruh dunia.

Maka dari itu, kita sarankan kamu membeli iPhone FU untuk menghindari kecurangan yang dilakukan oleh pihak penjual.

7.Hindari iPhone Refurbish dan Garansi Internasional

Seperti kita katakan di atas, bahwa nggak ada iPhone garansi internasional. Melainkan iPhone garansi regional yang bisa diklaim di negara tempat iPhone tersebut dirilis.

Kamu juga harus menghindari penjual yang ternyata menjual iPhone refurbish, di mana rata-rata ditawarkan dengan harga miring padahal banyak risikonya.

Misalnya iPhone menjadi nggak awet, sinyal hilang, hingga nggak bisa update versi iOS terbaru, lho.

Makanya, kamu wajib cari tahu tempat beli iPhone bekas terpercaya. Di mana Jaka sarankan untuk cari penjual tangan pertama yang membelinya melalui Apple Premium Reseller, seperti iBox

itulah cara memilih iPhone Bekas yang dapat kami rangkum untuk anda, semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan menambag wawasan.

sumber : berbagai sumber

Check Also

Penting, Ini dia Makanan Yang Dapat Menimbulkan Komedo

KITABERKATA.COM – Komedo sering jadi permasalahan kulit wajah terutama kaum hawa milenial jaman sekarang. Komedo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eleven =