Home / Tips / Tips Fotografi Hanya Dengan Menggunakan Kamera HP, Dijamin Bagus!

Tips Fotografi Hanya Dengan Menggunakan Kamera HP, Dijamin Bagus!

Tips belajar fotografi hanya dengan menggunakan kamera HP – Siapa sih yang gak pengen hasil foto yang mereka buat bagus dan cantik? apalagi jaman sekarang untuk membuat sebuah foto yang bagus tidak hanya menggunakan kamera yang super mahal harganya.

Kamu gk punya kamera? tapi pengen hasil fotomu bagus?, gampang!, kamu bisa menggunakan kamera smartphonemu lho. Asalkan dengan teknik yang bener dan dengan sedikit latihan, niscaya nanti hasil foto yang kamu buat bakalan bagus deh..

Nah, Berikut ini admin sudah merangkum sedikit tips buat kamu yang pengen punya skil photografi hanya menggunakan kamera HP.

Tips Fotografi dengan menggunakan kamera HP
Image Source : theverge.com

1.Pilih Objek Yang menarik

Hal terpenting sebelum mengambil foto adalah pilihlah objek yang menarik buat kamu foto, lagian kalo gak menarik ngapain juga di foto 😂

Cara melihat objek yang menarik adalah kamu cukup sering sering saja melihat karya foto orang lain, kamu bisa lihat langsung di instagram. cari contoh foto yang menurutmu keren dan pelajari juga gimana cara dia mengambil fotonya.

2.Pelajari Setingan Kamera Pada HP Kalian.

Ini penting nih, kamu harus pelajari settingan apa aja yang ada di kamera HP kamu. Pada umumnya setiap HP pasti memiliki mode dan efek khusu pada kameranya, jadi kamu harus pelajari pada saat kapan menggunakannya agar fotomu menjadi lebih menarik.

Selain itu, kamu juga harus tau gaya foto yang kamu mau pakai, entah itu Potrait maupun Landscape. Kedua gaya tersebut bisa kamu gunakan pada saat tertentu tergantung objek yang kamu gunakan .

3. Belajar dasar – dasar komposisi foto

Apa sih yang dimaksudkan dengan komposisi? Sederhananya, komposisi adalah susunan. Komposisi dalam fotografi bisa diartikan sebagai susunan gambar dalam batasan ruang.

BACA JUGA  Awas Berbahaya!, Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Makan

Atau bisa juga sebagai cara menyusun elemen-elemen objek foto yang penting secara keseluruhan yang ada dalam foto. Tujuan mengatur komposisi dalam fotografi adalah untuk membangun “mood” suatu foto agar memiliki keseimbangan objek yang ada dalam foto tersebut.

4. Pahami Arah Cahaya.

Nah ini penting nih buat para pemula. Pencahayaan yang tepat adalah kunci dari sebuah hasil foto yang bagus. Cahaya menjadi kunci dari sebuah foto yang kamu buat bagus atau tidak. Kamu harus pintar pintar memposisikan objek ataupun kameramu agar cahaya yang didapatkan oleh kamera bagus dan nantinya hasil fotomu juga bagus.

Sebisa mungkin untuk mengambil gambar atau foto dibawah pencahayaan alami. Untuk hasil terbaik usahakan untuk memotret dekat dengan jendela atau pintu khususnya saat memotret di dalam ruangan.

Atau sumber cahaya seperti matahari, lampu-lampu neon atau lampu jalan saat memotret di luar ruangan.

Waktu terbaik memotret menggunakan hp atau smartphone biasanya di pagi dan sore hari. untuk foto malam hari mungkin bisa kamu coba dengan teknik yang sama tapi untuk kamera HP pasti hasilnya agak buram.

5.Jangan potret objek yang bergerak

Memotret objek yang sedang bergerak menggunakan kamera ponsel sangat beresiko. Karena kamera pada sebuah ponsel tidak secepat kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless.

Yang notabene mampu membekukan objek (freeze) sehingga meskipun objek yang dibidik bergerak dengan kecepatan tinggi, kamera tersebut tetap mampu membidiknya dengan baik dan fokus.

Lain halnya dengan kamera hp atau smartphone. Foto yang anda bidik kemungkinan besar akan kabur dan blur. Kecuali kalau anda menggunakan smartphone flagship mahal yang sangat cepat fokusnya dan bisa sangat cepat pula menangkap objek.

BACA JUGA  Tips memilih Blazer Agar Sesuai Dengan Lekukan Tubuh

6. Latih Tangan Agar Stabil Memegang HP

Ini penting nih, Tujuannya gak lain adalah agar saat kamu mengambil foto, hasil dari fotomu tidak blur dan buram. jadi kamu harus sering sergin latihan mengambil foto dengan tangan agar terbiasa dan tidak Gemetaran.

Dan usahakan juga kalau kamu sudah menekan tombol foto pastikan HP yang kamu pegang tida bergerak, kamu harus mengunggu sampa Kamera HP selesai mengambil foto yang kamu buat. Kalau kamu menekan tombol foto dan langsung kamu Gerakkan kameranya, pasti nanti hasil dari foto yang kamu buat bakalan jelek dan posisinya berubah tidak sesuai dengan objek yang telah kamu tentukan.

Gimana? sudah siap belajat photografi? mudah bukan?. Asalkan kamu terus mencoba dan belajar pasti kamu bisa kok membuat foto yang bagus hanya dengan menggunakan kamera HP.

Sekian dulu Tips sederhana mengenai fotografi menggunakan kamera HP dari admin, semoga bermanfaat untuk kamu semua ya 😉,

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Tips Menjaga Keuangan Pada Masa Pandemi Corona

Pandemi virus corona atau Covid-19 bisa saja membuat orang khawatir tentang banyak hal. Salah satu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *