Home / Otomotif / Tips Membeli Mobil Bekas dan Berkualitas Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Membeli Mobil Bekas dan Berkualitas Agar Tidak Cepat Rusak

Tidak semua orang menjual mobil mereka karena kondisinya yang sudah tak lagi baik. Banyak juga kok, membeli mobil bekas yang kualitasnya mendekati mobil baru. Tentunya untuk bisa menemukan mobil bekas berkualitas, dibutuhkan kejelian.

Selain jeli melihat kondisinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas. Berikut ini beberapa tips memilih mobil bekas berkualitas yang telah dirangkum dari Kitaberkata.com:

Tips Membeli Mobil Bekas dan Berkualitas

1. Tempat Pembelian

Tempat  Pembelian Mobil Bekas

Cara dan trik pertama untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Memang kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas Anda juga bisa membelinya langsung dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung.

Membeli ke showroom memang akan membuat Anda mendapatkan banyak pilihan, namun Anda harus tahu bahwa membeli lewat showroom pastinya membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama.

Membeli mobil bekas melalui perantara juga akan membuat pembelian Anda menjadi lebih mahal. Membeli mobil dari tangan pertama akan membuat Anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil, apalagi jika orang yang menjualnya adalah orang yang Anda kenal. Maka dari itu memperhatikan tempat Anda membeli mobil merupakan hal penting yang perlu Anda cermati.  

2. Catatan Servis Lengkap

Catatan Servis Dealer

Salah satu kelengkapan yang penting untuk ditanyakan adalah catatan servis kendaraan tersebut. Apakah servis rutin dilakukan? Jika ya, apakah catatan nya lengkap? Di bengkel mana servis dilakukan?

Service record sangat lah penting karena mobil yang dirawat secara rutin, tentunya akan memiliki performa dan kondisi yang lebih prima. Mobil yang rutin servis berkala juga mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya yang menjaga dan merawat kondisi mobil.

BACA JUGA  XMax Limited Edition, Yamaha Luncurkan XMax 300 Roma Edition di Italia

3. Eksterior Mobil

Eksterior Mobil Bekas

Setelah Anda menemukan penjual dan tempat mobilnya, maka saatnya melakukan langkah selanjutnya yaitu pengecekan. Bagian mobil yang biasanya Anda perhatikan adalah eksterior mobil. Lakukan saja pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah  bagian bodinya.

Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah.

Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

4. Periksa Aksesoris dan Interior

Saat melakukan pemeriksaan kondisi mobil, pertama periksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsi nya seperti AC, sistem audio, dan switch lampu. Anda harus pastikan semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, teliti kondisi interior mobil. Coba duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa kondisi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan pula bau interior, apakah interior berbau apek? Jika iya, ini bisa jadi salah satu indikasi mobil tersebut pernah kena banjir.

5. Performa Mesin Mobil

Cek Performa Mesin Mobil

Inilah bagian penting dari proses pengecekan yang harus paling dicermati dan tidak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive.

BACA JUGA  Jangan Ngasal Membersihkan Sepatu Kulit! Ini Caranya

Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya.

Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya Anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Cara Memilih Sabun Mandi Berdasarkan Jenis Kulit.

Setiap orang kadang mandi dengan sabun seadanya, jadi sabun apa yang ada, itu aja di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *