Tuesday , October 27 2020
Home / Tips / Tips Membersihkan Rumah Agar Tidak Terpapar Virus Corona

Tips Membersihkan Rumah Agar Tidak Terpapar Virus Corona

Tidak hanya kebersihan diri, kebersihan rumah juga perlu dijaga. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi risiko penularan virus Corona, terutama bila ada penghuni rumah yang sedang menjalani isolasi mandiri. Ada beberapa tips membersihkan rumah yang sederhana dan mampu menangkal virus corona

Berikut Kitaberkata.com telah merangkum tips membersihkan rumah agar tidak terpapar virus corona. Yuk simak tipsnya!

1. Siapkan Alat Pembersih

Anda terlebih dahulu seperti masker, sarung tangan sekali pakai dan larutan pemutih atau disinfektan yang sesuai dengan indikasi efektivitas terhadap virus corona. Dilansir Gov.sg biarkan jendela terbuka untuk ventilasi, dan ingat untuk menghindari menyentuh wajah dan mata Anda.

2. Bersihkan Benda Yang Sering Disentuh Dengan Detergen Atau Sabun

Semua benda di rumah terutama bagian dapur seperti meja dan kursi, lebih baik terlebih dahulu dibersihkan dengan deterjen atau sabun dan air sebelum desinfeksi.

Untuk permukaan benda yang lunak (keropos) seperti lantai berkarpet, permadani, dan gorden, bersihkan debu atau kotoran yang tampak dengan pembersih khususnya. Setelah dibersihkan cucilah sesuai instruksi pabrik atau jika memungkinkan cucilah dengan air panas.

3. Semprot atau Lap Dengan Cairan Disinfektan

Untuk proses disinfektan bisa menggunakan larutan pemutih rumah tangga yang cair, larutan alkohol dengan setidaknya 70 persen alkohol, dan disinfektan rumah tangga terdaftar Environment Protection Agency (EPA). Cara menggunakan pemutih untuk disinfektan:

  • Campurkan 5 sendok makan (1/3 rd cup) pemutih per gallon air atau 4 sendok teh pemutih per liter air. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya.

5. Gunakan Alat dan Sarung Tangan Saat Mencuci

Gunakan mesin cuci dan deterjen untuk mencuci kain, seperti seprai, sarung bantal, dan selimut. Untuk mencuci pakaian mereka yang sakit, pakailah sarung tangan sekali pakai saat kemudian buang setelah digunakan. Jika tidak ada sarung tangan yang digunakan saat menangani cucian kotor, pastikan untuk mencuci tangan sesudahnya.

BACA JUGA  Cara Menghadapi Stres Sehari-hari, Jaga Imun Tubuh Supaya Gak Gampang Kena Virus

Jika memungkinkan, jangan kocok cucian kotor. Ini akan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara. Begitu juga dengan mencuci barang-barang.

Usahakan sesuai dengan instruksi pabrik. Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat dan tepat untuk barang-barang tersebut.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Inilah Tips Untuk Memilih Sepatu Formal Untuk Pria

Sebagai pria kita wajib untuk menjaga penampilan agar selalu terlihat menarik dimana pun kita berada. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *