Home / Tips / Tips Memotret dengan Smartphone ala Fotografer

Tips Memotret dengan Smartphone ala Fotografer

Mengambil momen foto ala fotografer tidak harus menggunakan kamera seperti DSLR atau Mirrorless. Hanya memotret dengan smartphone kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa menyaingi kamera tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa mendapatkan foto yang bagus dan berkualitas hanya dengan ponsel? Berikut ini Kitaberkata.com merangkum beberapa cara memotret dengan smartphone yang baik yang perlu kamu pahami.

1. Gunakan Bantuan Cahaya dari Belakang atau Samping

Salah satu teknik fotografi android yang paling sederhana adalah mempertimbangkan arah cahaya sebelum memotret. Cahaya lampu atau matahari sangat membantu agar objek terlihat lebih tajam, terang, dan mencolok. Akan lebih bagus lagi jika cahaya tersebut berasal dari belakang objek yang akan difoto.

Selain membuat foto tampak lebih terang, pantulan cahaya menambah keindahan foto. Jadi, kamu harus peka terhadap cahaya yang ada disekitar objek.

2. Cari Fokus dengan Mendekati Objek

Salah satu keterbatasan memotret menggunakan Android adalah resolusi. Saat kamu menggunakan fitur zoom yang ada pada kamera, maka resolusi akan cenderung menurun. Hasilnya, foto akan tampak lebih buram dan tidak cerah.

Nah, bagaimana cara mencari fokus untuk mendapatkan hasil foto yang indah? Gunakan cara manual yaitu dengan mendekatkan HP atau layar kamera HP ke objek. Dengan cara manual ini, resolusi kamera tidak akan berkurang sehingga hasil foto pun

3. Pahami Komposisi Fotografi

Sudah pasti, salah satu faktor keindahan foto adalah komposisi foto yang menarik. Jadi pahami terlebih dahulu mengenai komposisi fotografi.

komposisi foto rule of third
Komposisi Rule of Third

4. Jangan Gunakan Digital Zoom, Mendekatlah ke Objek

Jadi gini, di dalam dunia fotografi – terutama jaman kamera pocket – ada yang namanya digital zoom dan optical zoom.

Digital zoom sebenarnya zoom bohong-bohongan yang merupakan fitur gimmick dari produsen kamera. Digital zoom “memaksa” objek mendekat dengan cara memperbesar foto secara digital, hasilnya foto bakal buram dan pecah.

BACA JUGA  Gampang ! Inilah 5 Tips Awet Muda
Tips Motret dengan Kamera Smartphone Demi Hasil Terbaik
kiri : foto yang diambil dengan optical zoom. kanan : normal; klik untuk memperbesar foto. (img : https://www.techspot.com/)

Berbeda dengan optical zoom, foto diperbesar menggunakan mekanisme optic yang ada di lensa, hasilnya foto tetap bagus dan tidak pecah.

Jadi, jangan sekali-kali gunakan digital zoom tapi cobalah mendekat ke objek foto.

Optical zoom ada di beberapa tipe smartphone high end seperti iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8. Smartphone ini memiliki kamera kedua yang memiliki fitur 2x optical zoom.

5. Stabilkan Tangan Kamu

Cara memotret yang bagus dengan kamera HP Android sebenarnya tidaklah rumit. Selain memilih HP dengan fitur kamera yang mumpuni, kamu juga harus menstabilkan tangan kamu saat memotret.

Jika tanganmu bergetar atau goyang, maka hasil fotonya akan cenderung blur atau tidak jelas. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan tripod kamera HP. Tripod kamera HP akan menjaga kestabilan HP sehingga kamu bisa memotret objek dengan maksimal tanpa getaran atau goyangan sedikit pun.

6. Atur Shutter Speed Kamera Android Kamu

Cara foto yang bagus selanjutnya adalah dengan mengatur Shutter speed. Ini sangat berguna untuk kamu yang ingin memotret berdasarkan cahaya yang diserap oleh kamera. Cara mengatur shutter speed pada kamera Android pun tidak terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi kamera yang sudah banyak tersedia di Google Play Store. Unduh aplikasi kamera tersebut lalu cari fitur atau tool “Shutter” pada aplikasi tersebut.

Kemudian, kamu harus memilih kecepatan kamera misalnya 2 detik, 1 detik, atau 5 detik. Semakin lama kecepatan shutter speed maka kamera akan menyerap banyak cahaya. Sedangkan semakin cepat shutter speed maka kamera akan menyerap sedikit cahaya. Jika sudah, potret objek seperti biasa dan kamera HP kamu akan memiliki kecepatan shutter sesuai dengan apa yang sudah kamu atur sebelumnya.

BACA JUGA  Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Nggak Cepat Rusak.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Cara Memilih Sabun Mandi Berdasarkan Jenis Kulit.

Setiap orang kadang mandi dengan sabun seadanya, jadi sabun apa yang ada, itu aja di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *