Home / Tips / Lakukan Hal Ini Saat Mobil Terobos Banjir
image source : otosia.com

Lakukan Hal Ini Saat Mobil Terobos Banjir

Tingkat hujan yang tinggi di awal tahun 2020 ini membuat dampak dimana mana. Menimbulkan banjir yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kamu yang sudah terlanjur keluar rumah saat banjir mau tidak mau harus terobos jalan yang digenangi air. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terutama bagi pengendara mobil, sebelum hingga sesudah menerobos banjir. Ini dia tips terobos banjir yang sudah di rangkum oleh kitaberkata.com

Perhatikan Ketinggian Genangan Air

image source : m.fokusriau.com

Pertama tips terobos banjir yaitu anda harus memeriksa jalanan ini masih bisa dilalui atau tidak, karena semakin tinggi genangan air resiko merusak mobil juga semakin besar. Ya walaupun cara terbaik untuk mencari jalan alternatif atau menunggu surut.

Apabila harus menerobos banjir pastikan filter udara tidak kemasukan air. Jika filter udara terendam bisa menyebabkan water hammer (kondisi air masuk ke ruang pembakaran dan bisa merusak mesin)

Gunakan Gigi 1

image source : otomotif.okezone.com

Tentunya tips ini hanya berlaku untuk kamu yang menggunakan transmisi manual.

Ini berfungsi agar air genangan gak masuk ke dalam knalpot yang bisa menyebebkan gangguan pada mobil. Kalo ini terjadi, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan servis kendaraan.

Sedangkan untuk mobil yang bertransmisi matic bisa memanfaatkan transmisi L dan menahan RPM di posisi stabil.

Tapi, ada catatan juga yang harus diperhatikan. Kalau sudah bisa dipastikan bahwa knalpot mobilmu akan terendam jika nekat menerobos genangan tersebut, urungkan niat untuk melanjutkan perjalanan. Lebih baik menepi dan cari tempat aman sembari menunggu air surut.

Jaga Jarak

image source : viva.co.id

Karena kecepatan konstan sangat penting, pastikan mobil di depan memiliki jarak cukup jauh. Bila masih dekat, tunggu saja sebelum Anda melaju. Jalankan mobil Anda setelah cukup yakin mobil di depan tak akan menghalangi laju mobil Anda.

BACA JUGA  Tips Membuat Tampilan Kamar Yang Bagus Supaya Anda Lebih Nyaman

Matikan Mesin Saat Mogok

image source : viva.co.id

Sangat tidak dianjurkan untuk anda menyalakan mesin bila berhenti atau mogok di tengah jalan saat ketinggian air melebihi batas aman. Hal ini dilarang karena dapat menyebabkan kerusakan lebih parah di mesin mobil.

Periksa Kondisi Rem

image source : otomart.id

Jika kamu udah berhasil melewati genangan banjir, hal selanjutnya yang harus di cek pertama kali adalah kondisi rem. Bagian ini sangat krusial karena ketka menerobos banjir bagian kampas rem dan cakram terendam air. 

Caranya mudah, tinggal rem sedikit lalu injak lagi pedal gas selama beberapa kali guna memastikan kampas bisa mencengkram piringan kembali dengan baik.

Periksa Filter Udara

image source : medcom.id

Sebetulnya, salah satu penyebab paling umum mobil mogok ketika melewati genangan air adalah karena filter udara yang terkena air, bukannya air yang masuk ke dalam knalpot.

Bila berhenti setelah melewati genangan, ada baiknya kamu mengecek langsung bagian filter udara. Bersihkan atau paling tidak keringkan filter tersebut.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Inilah Tips Untuk Memilih Sepatu Formal Untuk Pria

Sebagai pria kita wajib untuk menjaga penampilan agar selalu terlihat menarik dimana pun kita berada. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *