Home / Otomotif / Kalahkan Toyota, VW Jadi Raja Otomotif Dunia
image source : republika.co.id

Kalahkan Toyota, VW Jadi Raja Otomotif Dunia

Volswagen atau sering dikenal dengan singkatan VW adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman. Volkswagen atau VW didirikan pada tahun 1937. Volkswagen berasal dari Grup Volkswagen, yang juga membawahi beberapa merek mobil terlaris dan ternama seperti Volkswagen, Audi, Bentley, Bugatti, Škoda Auto, Lamborghini, dan SEAT.

Sobat Kitaberkata udah tau belum kalau mobil terlaris di dunia bukanlah Toyota lagi, 2019 hingga sekarang VW merupakan merek mobil yang paling banyak digunakan didunia. VW menjadi merek otomotif dengan penjualan mobil terbanyak didunia, disusul dengan perusahaan otomotif merek Toyota asal Jepang.

Dalam siaran persnya, Volkswagen Group berhasil meningkatkan penjualan global meski pasar otomotif secara keseluruhan tengah menyusut. Total, sepanjang 2019 VW Group menjual 10,97 juta unit kendaraan. Pencapaian ini rupanya berhasil melampaui rakasasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation yang mengumumkan penjualan sebanyak 10,74 juta unit kendaraan.

VW mengklaim, penjualannya naik 1,3% pada 2019 dibanding 2018. Kalau dirinci, mobil penumpang merek Volkswagen menyumbang penjualan terbesar dengan angka 6.278.300 unit. Selanjutnya disumbangkan oleh Audi dengan 1.845.600 unit, SKODA 1.242.800 unit, SEAT 574.100 unit, Porsche 280.800 unit, kendaraan komersial Volkswagen 491.600 unit, MAN 142.800 unit, dan Scania 99.500 unit.

Sementara itu, Toyota harus puas berada di posisi dua. Penjualan Toyota Motor Corporation yang membawahi merek Toyota, Daihatsu dan Hino pada 2019 tercatat sebanyak 10.742.122 unit, lebih sedikit dibanding penjualan Volkswagen Group yang mencapai 10,9 juta unit. Penjualan Toyota diklaim naik 1,4%.

Merek Toyota menyumbang penjualan terbanyak. Penjualan Toyota mencapai 9.714.253 unit.

Sebagai informasi, Toyota merupakan raja otomotif dunia sejak penjualannya pada 2008 melewati General Motors (GM). Sementara penjualan GM sejak dilampaui Toyota, tidak pernah menjadi yang teratas lagi.

BACA JUGA  Trend Vespa Matik di Kalangan Pelajar, Mau Ikutan ?

Toyota dan VW mengatakan tujuan mereka pada masa mendatang adalah melakukan pengembangan untuk menghasilkan produk terbaik bagi konsumen. Mereka juga menyatakan bahwa menjadi nomor satu dalam hal penjualan bukanlah prioritas.

Sedangkan aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi mendapatkan hasil yang lebih kecil dari penjualan tahun lalu sebanyak 10 juta kendaraan.

Penjualan grup otomotif gabungan Jepang-Prancis itu menurun setelah pemimpin aliansi, Carlos Ghosn, tersangkut kasus keuangan di Jepang.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Ini Dia Alasan Knalpot Motor di Sebelah Kanan!

Knalpot merupakan bagian penting dalam mekanisme sepeda motor. Part tersebut berfungsi guna meredam tekanan gas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *