Thursday , December 3 2020
Home / Info / Waduh! Zoom Ternyata Bagikan Data Secara Diam-diam ke Facebook
socialimagesshare.com

Waduh! Zoom Ternyata Bagikan Data Secara Diam-diam ke Facebook

Beberapa media pun digunakan oleh para guru dan pelajar untuk berinteraksi dan menjalankan kelas online salah satunya yaitu apliaksi Zoom. Zoom sama seperti media video conference lainnya. Dibalik itu ternyata pihak Zoom telah mengambil data kita secara diam diam tanpa kita sadari dan dikirim ke Facebook.

Pengguna iOS

Untuk pengguna produk Apple, aplikasi Zoom ini tidak disarankan untuk dipakai. Karena tidak sepenuhnya aman untuk privasimu. Tanpa kamu sadari, Zoom mengirimkan lima data seperti:

  • Waktu penggunaan Zoom
  • Model perangkat pengguna Zoom
  • Lokasi
  • Operator seluler pengguna
  • ID khusus pengguna Zoom.

Apakah kalian sudah membaca syarat dan ketentuan sebelum mengetuk “Agree”? Ternyata di dalam dokumen syarat dan ketentuan aplikasi Zoom tidak memberitahu penggunanya soal masalah pengiriman data kalian kepada pihak Facebook.

Perusahaan pemantau privasi dalam media sosial Privacy Matter bernama Pat Walshe yang menemukan kejanggalan tentang hal tersebut.

Dikirim untuk Facebook

Data data kalian yang sudah tersimpan tersebut ternyata akan dikirim ke Facebook tanpa sepengetahuanmu. Saat kalian pengguna iOS meng-install Zoom, perangkat kalian akan tersambung ke Graph Application Programming Interface (API) milik Facebook.

Itu adalah sebuah program Facebook untuk mendapatkan data dari dalam luat platform.

Apakah saya aman walaupun saya tidak memiliki Facebook?

Tidak, Zoom akan tetap mengirim datamu ke pihak Facebook walaupun kalian tidak memiliki Facebook.

Majalah Consumer Reports juga menjelaskan, praktik video conference menggunakan Zoom juga bisa memberikan data wajah pengguna ke Facebook, untuk algoritma pengenalan wajahnya yang berbasis machine learning.

Pengakuan Zoom

Zoom mengatakan “baru-baru ini disadari bahwa Facebook SDK sedang mengumpulkan data perangkat yang tidak perlu” dan sejak itu menghapus kode dan versi terbaru dari aplikasi iOS sekarang tersedia di App Store.

BACA JUGA  Kеnара Nаtаl Dirayakan раdа 25 Desember ? Ini Kata Sains

Menurut pernyataan Zoom kepada Motherboard, aplikasi tersebut tidak membagikan informasi sensitif apa pun, seperti nama pengguna, email dan nomor telepon, tetapi “memasukkan data tentang perangkat pengguna seperti jenis dan versi OS seluler, zona waktu perangkat, perangkat OS, model perangkat dan operator, ukuran layar, inti prosesor, dan ruang disk ”. Ini bertepatan dengan temuan Motherboard dari minggu lalu.

Motherboard sejak mencoba aplikasi iOS yang diperbarui dan menemukan bahwa Zoom, memang, telah berhenti mengirim data ke Facebook ketika aplikasi diluncurkan.

Di bagian ‘Apa yang Baru’ dari aplikasi, Zoom mengatakan bahwa, meskipun Facebook SDK dihapus, pengguna masih dapat masuk dengan akun Facebook mereka jika mereka memilikinya. Pengguna direkomendasikan untuk memperbarui aplikasi untuk mengaktifkan perubahan.

Zoom telah mengeluarkan permintaan maaf untuk “pengawasan” dan perusahaan mengatakan “sangat memperhatikan privasi penggunanya”.

Mungkin dari kebanyakan dari kalian belum mengetahui hal mengenai Zoom yang mengirim data kita secara diam diam.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Tak Disarankan Masker Buff dan Scuba, Ini Jenis Masker yang Aman

Mаѕkеr buff dan ѕсubа ѕеrіng dіgunаkаn bаnуаk masyarakat saat beraktivitas untuk mеnсеgаh penyebaran COVID-19. Akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *