Home / News / Wisata Setigi, Bekas Tambang Kapur Jadi Denasti Wisata

Wisata Setigi, Bekas Tambang Kapur Jadi Denasti Wisata

Di Indonesia banyak sekali tempat wisata yang dibangun di bekas lahan tambang. Di Jogja ada Tebing Breksi, di Mojokerto ada Ranu Manduro, di Tangerang ada kandang Godzilla. Nah, ada yang baru lagi nih di Jawa Timur. Tepatnya di Gresik, ada sebuah tempat wisata yang lagi hits bernama Wisata Setigi.

Buat kamu yang berada di Gresik, pasti tau ya tempat wisata yang satu ini. Wisata Setigi ini banyak didatangi wisatawan yang konsepnya cukup menarik, bagaikan istana di bukit kapur. Penasaran seperti apa lokasinya? 

Terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Wisata Setigi 

Uniknya Wisata Setigi di Gresik, Bukit Kapur yang Instagramable ...

Setigi memiliki arti Batu, Air dan Bukit. Setigi merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Tempat ini merupakan lahan seluas 5 hektar yang dulunya merupakan bekas tambang kapur. Di sini kamu bisa menyaksikan berbagai keindahan pahatan di bukit kapur yang instagramable. Jika dilihat secara keseluruhan, tempat ini bagaikan istana di bukit kapur.

Lahan bekas tambang kapur ini mempunyai beberapa spot instagramable 

Wisata Setigi Sekapuk Ujungpangkah Ikuti Lomba Inovasi Kemendagri ...

Menurut sejarahnya, dulunya kawasan wisata Setigi merupakan bekas area tambang batu kapur. Sejak tahun 2003,  tambang tersebut tidak lagi digunakan dan berubah fungsi sebagai tempat pembuangan sampah. Sekian lama tidak digunakan, nah akhirnya pada tahun 2018 tempat tersebut mulai dibersihkan dan dibangun menjadi tempat wisata bernama Wisata Setigi. Hadirnya Setigi menambah destinasi bekas lahan tambang di Indonesia.

Di masa new normal, Wisata Setigi sudah dibuka kembali pada bulan Juni lalu.

Pada tanggal 6 Juni Wisata Setigi kembali dibuka setelah beberapa bulan ditutup karena pandemi. Pengelola tempat wisata ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk pengunjung yang datang. Untuk masuk ke sana, pengunjung wajib bermasker tanpa terkecuali. Sebelum masuk area wisata wajib cuci tangan dan dicek suhu badannya oleh petugas. Tak cuma itu saja, di berbagai titik banyak dijumpai petugas yang mengawasi pengunjung agar tak bergerombol.

BACA JUGA  Inilah Tempat Wisata Teraneh Yang ada di Dunia, Buat kamu Heran

Tiket masuknya cukup murah ternyata. Tiket untuk dewasa Rp 15 ribu, sedangkan untuk anak-anak cuma Rp 10 ribu saja. Tempat ini dibuka pukul 7 pagi sampai 5 sore. Buat kamu yang pengen ke sana sebaiknya datang di sore hari biar suasananya teduh dan nggak panas.

Itulah berita tentang travel yang dapat kitaberkata.com rangkum untuk anda. semoga menambah wawasan denasti wisata anda. nantikan artikel lainnya yang akan kami sajikan untuk anda stay terus bersama kami yaaa..

sumber : dari berbagai sumber

Check Also

Inilah 5 Keyboard Gaming Termahal

Keyboard adalah salah satu bagian dari komputer. setiap gаmеr mеmbutuhkаn bеrbаgаі kesempurnaan dаlаm реrаngkаtnуа, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *