Apa Saja Yang Perlu Disiapkan Saat Liburan ke Singapura

Hi Guys, yang ingin liburan ke Singapura tentu saja dong sudah mempersiapkan apa saja. Singapura merupakan negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Dengan budget pas pasan, kita bisa liburan ke Singapura. Destinasi wisatanya pun beragam guys.

Nah apabila kalian belum pernah dan ingin liburan ke Singapura pastinya bingung nih dengan apa saja yang perlu di persiapkan. So kali ini KitaBerkata telah meringkas apa saja yang kalian perlu siapkan. Simak terus ya!

1. Passport

Buat passport itu dimana sih? Ribet ga buat passport? Engga ribet dong, buat passport itu di kantor imigrasi yang ada di masing-masing kota. Untu daerah-daerah kecil, seperti Magelang itu mesti dateng ke kota Jogja kalau mau buat passport, trus kalau yang Sragen misalnya, mesti ke Solo buat bikin passport nya. Nah kalau waktu yang diperlukan untuk membuat passport itu berapa lama ya? Biasanya 2 minggu saja. Dan kamu mesti datang ke kantor imigrasi 3x. Pertama, serahin semua formulir / data-data yang diperlukan. Kedua, di wawancara. Ketiga, Jadi deh passport nya, tinggal ambil.

Kalau harganya, sekitar 250rb-an. Passport juga punya expiry date (tanggal kadaluarsa) sama seperti SIM kita. Expiry nya 5 tahun. Jadi kalau sudah lebih dari 5 tahun ya perpanjang lagi. Inti nya sama kok kayak SIM.

Masa berlaku passport Anda harus lebih dari 6 bulan sebelum tanggal kepergian Anda.

Contoh: Anda mau pergi ke Singapura bulan September 2018, maksimal masa berlaku passport Anda harus Maret 2018.

Ke Singapura itu perlu Visa tidak ya? Jawabannya, tidak perlu! Kamu cuma butuh passport saja kalau mau ke Singapura, Malaysia (pokok nya sekitar ASEAN)

2. Pena Warna Hitam

Untuk apa sih pena warna hitam? Tentu saja untuk menulis kartu imigrasi. Apa itu kartu imigrasi? Kartu yang perlu diisi sebelum masuk ke suatu negara. Bentuk nya seperti apa sih kartu imigrasi itu?

3. Pakaian

Lebih baik membawapakaian yang nyaman saja, karena cuaca di Singapura sama dengan Indonesia. Jikaanda berniat untuk tidak membeli bagasi cek-in, lebih baik pakaian yangberbahan jeans dikenakan saat berangkat dan pulang, karena jeans bahannya lebihtebal dan berat.

4. Alas kaki

Penting untukdiperhatikan. Terutama wanita. Kalau memang disana tidak menggunakan privatebus / private car, tetapi lebih mengandalkan public transport atau transportasiumum (seperti bis dan MRT) selama di Singapura, alangkah lebih baik Anda tidakmemakai alas kaki baru. Karena menurut pengalaman kalau mengenakan alas kakibaru, kaki cenderung kena lecet, akibatnya jalan-jalan pun jadi tidak nyaman.

5. HP dan Charger

HP penting sekaliuntuk dibawa, walaupun mungkin disana tidak terpakai karena sengaja tidak maumengaktifkan selular. Tapi untuk keperluan emergency, ini salah satu alat yangkita butuhkan. Tapi perlu diingat, setibanya anda di Singapura, Anda harusmematikan “Cellular Data”, “3G” dan “Data Roaming” pada HP Anda. Akan dibahaslebih lanjut di bagian telekomunikasi di Singapura.

6. Saklar Kaki 3

Saklar listrik yangada di Singapura berbeda dengan yang ada di Indonesia. Anda mesti menggunakankaki pin 3 yang lancip (bukan yang bulat).

7. Kamera

Untuk mengabadikanpengalaman-pengalaman menarik dan mengesankan yang Anda alami di Singapore.Jangan lupa untuk membawa kamera atau bisa juga pake HP.

8. Budget

Berapakah budget yang perlu dibawa? Tergantung sebenarnya. Tapi untuk yang keperluan-keperluan inti seperti makan dan transport, ini gambarannya.

Untuk makan, sekali makan yang paling murah SGD3-5. Kalau Anda beruntung mungkin saja Anda dapat menemukan tempat makan yang lebih murah lagi, sebenarnya, bisa dapat SGD2.50 saja dan sudah kenyang, seperti Nasi Lemak.
Anggap saja, sekali makan kita habis SGD5 jadi untuk breakfast, lunch dan dinner total pengeluaran untuk makan dalam sehari SGD5 x 3 = SGD15/hari.

Anggap saja, sekali makan kita habis SGD5 jadi untuk breakfast, lunch dan dinner total pengeluaran untuk makan dalam sehari SGD5 x 3 = SGD15/hari. Di beberapa pujasera (food court) yang ada di tempat-tepat wisata di Singapore, atau food court yang ada di mall-mall, harganya lebih mahal, bisa SGD 5-7 sekali makan. Minumnya? Untuk lebih hematnya, kamu bisa minum dari tap water/air keran. YUP! Air Keran di Singapore, bisa diminum, lhoh! BERSIH! Coba saja kamu cek di Mbah Gugel, kenapa tap water di Singapore bisa diminum. Jadi, kalau mau hemat, rata-rata budget yang dibawa ke Singapore untuk 3-4 hari sekitar SGD 100-200.

Nah guys! itu dia beberapa hal yang perlu kalian persiapkan apabila ingin berlibur ke Singapura. So ga perlu takut lagi ya. Kami tunggu liburan kalian, see you!

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Ini Dia Air Terjun Tertinggi Di Bali, Tingginya Mencapai 100 Meter

Bali terkenal akan keindahan alamnya, mulai dari gunung, pantai, danau, air terjun, dan masih banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − two =